ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP (KOMPONEN TRANSLASI) MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH YANG MEMANFAATKAN HYPERMEDIA

Sarintan N Kaharu

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep (komponen translasi) mahasiswa  pada materi rangkaian listrik arus searah sehingga dapat dijadikan alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran bagi dosen pada topik tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto yaitu mengambil data dari gejala-gejala yang sudah ada atau telah terjadi sehingga tidak ada perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Mulia Palu dengan populasi subyek yang berjumlah 185 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan memilih suatu kelas tertentu sebagai Kelompok Eksperimen sebanyak 28 mahasiswa. Kelompok Eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan hypermedia. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian berupa analisis soal pemahaman konsep komponen translasi yang terdiri dari 9 soal. Setiap soal dianalisis secara deskriptif sesuai dengan jawaban  mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pada dasarnya mahasiswa dapat memahami konsep rangkaian listrik arus searah dengan baik. Disamping itu mahasiswa memberikan tanggapan yang baik terhadap pembelajaran menggunakan hypermedia. Pembelajaran ini selain merupakan bentuk pembelajaran yang baru untuk mereka, menyenangkan, juga sangat memotivasi mereka dalam belajar. Disisi lain, pembelajaran ini dapat menjelaskan konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga konsep yang sebelumnya sulit bagi mahasiswa menjadi mudah dipahami.

Keywords


Komponen Translasi; Hypermedia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer (JESIK) telah terindeks oleh: