Hubungan antara Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Semester IV Program Studi Ilmu Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesian Jaya Palu Menggunakan Tools SPSS

Dewa Made Mertayasa

Abstract


Di Sekolah tinggi ilmu kesehatan indonesia jaya palu khususnya mahasiswa semester IV program studi ilmu
keperawatan banyak ditemukan mahasiswa yang mendapatkan prestasi akademik dengan kategori kurang memuaskan sebanyak 36 %. Salah satu yang mempengaruhi prestasi akademik adalah konsep diri yang dimiliki oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa semester IV tahun 2015 program studi ilmu keperawatan di STIK – IJ Palu.Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik, dengan pendekatan cross sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah konsep diri dan prestasi akademik. Penelitian ini dilakukan di STIK - IJ Palu. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat. Populasi 199 mahasiswa semester IV PSIK dan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 mahasiswa semester IV PSIK.Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar responden memliki konsep diri yang positif sebanyak 36 responden (53,7%), dan sebanyak 31 responden (46,3%) yang memiliki konsep diri yang negatif. Setelah diuji Statistik dengan menggunakan chi Square dengan analisis bivariat menunjukan hasil ada hubungan yang bermakna antara konsep diri dengan prestasi akademik dimana nilai (p value = 0,041) dan (H0 = 0,041 < 0,05), sehingga hipotesis dalam penelitian ini ( Hα ) diterima dan ( H0 ) ditolak yang berarti ada hubungan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa semester IV program studi ilmu keperawatan di sekolah tinggi ilmu kesehatan Indonesia jaya palu.


Keywords


Hubungan, Konsep Diri, Prestasi Akademik, Mahasiswa, Ilmu Keperawatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer (JESIK) telah terindeks oleh: