SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT PADA SMK NEGERI 1 MEPANGA KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Abstract
Pada SMK Negeri 1 Mepanga Kabupaten Parigi Moutong, setiap proses penerimaan siswa baru sering terjadi dimana calon siswa bingung bahkan tidak mengetahui harus mengambil jurusan apa yang sesuai dengan minatnya. Hal ini berpengaruh pada proses pembelajaran sehingga banyak siswa yang pindah ke sekolah lain karena tidak mampu
mengikuti proses belajar pada jurusan yang telah dipilih. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode Weighted Product Pada SMK Negeri 1 Mepanga Kabupaten Parigi Moutong guna memberikan kemudahan bagi calon siswa untuk menentukan jurusan yang akan
dipilih. Teknik Pengumpulan data meliputi : Observasi, wawancara dan pustaka. Pengembangan sistem menggunakan paradigma prototype. Bahasa pemrograman yang digunakan PHP dan database menggunakan MySQL. Hasil penelitian berupa sistem pendukung keputusan dengan metode Weighted Product dapat menghasilkan rekomendasi pemelihan jurusan kepada calon siswa SMK Negeri 1 Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Sehingga sekolah dapat menggunakan kriteria yang telah ditentukan untuk menentukan siapa yang berhak masuk ke jurusan yang dipilih. Secara fungsional
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode Weighted Product Pada SMK Negeri 1 Mepanga Kabupaten Parigi Moutong sudah menghasilkan output yang diharapkan seperti hasil dari pengujian blackbox.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Soelistijanto, S., Widiastuti, E., Nuryanti, N., & Slamet, S. (2023). Arti Penting Pendidikan Formal Bagi Santri Di Pondok Pesantren Riyadus Al-Islamy Gunung Pati Kota Semarang. Manggali, 3(1), 33-42. https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2382
Apriana A, Heryati H, Permatasari I. (2020). MEMOTIVASI MASYARAKAT UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI KELURAHAN KERTAPATI PALEMBANG. Jurnal SULUH ABDI. https://doi.org/10.32502/sa.v2i2.3114
Kim, J. (2020). The Effects of Major Selection Motivations on Dropout, Academic Achievement and Major Satisfactions of College Students Majoring in Foodservice and Culinary Arts. Inf., 11, 444. https://doi.org/10.3390/info11090444
Mahfud, T., Siswanto, I., Wijayanto, D., & Puspitasari, P. (2020). ANTECEDENT FACTORS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS' READINESS FOR SELECTING CAREERS: A CASE IN INDONESIA., 39, 633-644. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32310
Wulansari, L., , A., & Muchtar, N. (2023). Decision Support System for Specialization Selection Based on Student Interests and Abilities Using the Weighted Product Method. Ceddi Journal of Education. https://doi.org/10.56134/cje.v2i2.53
Widiatry, W., Sari, N., & Ananingtyas, A. (2018). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (STUDI KASUS :SMA MUHAMMADIYAH KECAMATAN KATINGAN TENGAH). Jurnal Teknologi Informasi Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika. https://doi.org/10.47111/jti.v12i2.536
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




